Teknologi Broadband

0

Posted on : 19.27 | By : straw hat pirates

mypagerank.net Add to Wink Add to Simpy Add to Spurl Add to FurlAdd to Reddit Add to TechnoratiAdd to Digg Add to YahooMyWebAdd to del.icio.us Perkembangan Telekomunikasi saat ini sangat pesat sekali, dimana informasi pada komunikasi kini dan masa mendatang merupakan gabungan informasi pada komunikasi berupa voice, data, dan video, sehingga membutuhkan bandwidth yang makin besar, selain dibutuhkan bandwidth yang cukup besar, kecepatan transmisi dari system komunikasi juga menuntut kecepatan yang makin besar dapat dikatakan bahwa komunikasi masa depan adalah komunikasi broadband. Ada beberapa definisi untuk komunikasi broadband, antara lain : menurut rekomendasi ITU No. I.113, “Komunikasi broadband didefinisikan sebagai komunikasi dengan kecepatan transmisi 1,5 Mbps hingga 2,0 Mbps.”. sedangkan menurut FCC di amerika, “ komunikasi broadband dicirikan dengan suatu komunikasi yang memiliki kecepatan simetri (up-stream dan down-stream) minimal 200 kbps. Broadband Wireless sesuai dengan namanya adalah teknologi baru yang menjanjikan kepada pemakai bandwidth yang lebar. Dibandingkan dengan teknologi wireless yang sudah ada (mobile communication) terdapat perbedaan pada tujuan penggunaan dan kecepatan. Teknologi wireless yang ada diutamakan untuk layanan suara (voice) dan jika digunakan untuk menyalurkan data hanya akan diperoleh kecepatan sekitar 9600 bps saja, sedangkan teknologi broadband wireless menjanjikan layanan data (bisa berisi data multimedia) dengan kecepatan antara 1,5 mbps s/d 128 mbps. Teknologi broadband wireless menggabungkan kemudahan-kemudahan yang didapat dari sistem wireless yang ada. Seperti hal-hal berikut :



1. Kemudahan dan kecepatan pemasangan
2. Kemudahan perawatan-perangkat
3. kemudahan pengembangan jaringan

dengan kecepatan layanan pita lebar. Ragam bentuk teknologi wireless, menurut kategori yang melingkupi implementasi atau standarisasi yang dipakai sebagai acuannya dapat dikelompokan seperti gambar dibawah ini




Teknologi broadband dapat dibedakan atas 5 teknologi, yaitu

1. Digitas Subscriber Line (DSL)
2. Modem Kabel
3. Broadband Wireless Access (WiFi dan WiMAX)
4. Satelit
5. Selular

Dari kelima teknologi tersebut, kabel modem dirasakan kurang populer dalam pemanfaatannya. Teknologi DSL digunakan oleh operator penyelenggara fixed telephone (fixedcarrier) untuk optimasi penggunaan copper fiber yang ada, memiliki skala ekonomis pada infrastruktur yang ada, dan modem memiliki tingkat keamanan dan kualitas layanan yang baik pada bandwidth yang tinggi. Teknologi 3G yang diselenggarakan oleh operator-operator seluler memiliki karakteristik bahwa teknologi 2G didesain untuk layanan komunikasi berbasis voice dan data, mendukung mobilitas yang tinggi, dan teknologinya sudah mapan. Teknologi wireless yang banyak mendapatkan perhatian baik dari calon operator, vendor, dan user adalah WiMAX. Beberapa hal yang menjadi keunggulan WiMAX, jika dibandingkan dengan teknologi WiFI antara lain adalah sebagai berikut.

1.para produsen mikroelektronik akan mendapatkan lahan baru untuk dikerjakan, dengan membuat chip-chip yang lebih general yang dapat dipakai oleh banyak produsen perangkan wireless untuk membuat BWA nya. Produsen perangkat wireless tidak perlu mengembangkan solusi end to end bagi penggunanya, karena sudah tersedia standar yang jelas.

2. operator telekomunikasi dapat menghemat investasi perangkat karena kemampuan WiMAX dapat melayani pelanggannya dengan area yang lebih luas dan dengan kompatibilitas yang lebih tinggi

3. pengguna akhir akan mendapatkan banyak pilihan dalam menggunakan internet. WiMAX merupakan salah satu teknologi yang dapat memudahkan untuk koneksi dengan internet secara mudah dan berkualitas

4. memiliki banyak fitur yang selama ini belum ada pada teknologi WiFi dengan standar IEEE 802.11 . standar 802.16. digabungkan dengan ETSI HiperMAN, maka dapat melayani pangsa pasar yang lebih luas.

5. dengan coverage yang mencapai 50 kilometer (maksimal), WiMAX dapat memberikan kontribusi yang sangat besar bagi keberadaan wireless MAN. Kemampuan untuk menghantarkan data dengan transfer rate yang tinggi dalam jarak jauh dan akan menutup semua celah broadband yang tidak dapat terjangkau oleh teknologi kabel dan DSL.

6. dapat melayani para pengguna, baik yang berada pada posisi LOS maupun NLOS
DSL, WiMAX, dan 3G memiliki segmentasi yang berbeda ketiga teknologi ini bisa saling bersinergi untuk memperbaiki/melengkapi satu sama lain : Gunawan Wibisono & Gunadi Dwi Hantoro.2006." WiMAX Teknologi BWA Kini & Masa Depan"




Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (0)

Posting Komentar