Mengenal Tekologi WiFi

0

Posted on : 19.15 | By : straw hat pirates

mypagerank.net Add to Wink Add to Simpy Add to Spurl Add to FurlAdd to Reddit Add to TechnoratiAdd to Digg Add to YahooMyWebAdd to del.icio.us

WiFi merupakan istilah yang diberikan untuk sistem wireless LAN yang menggunakan standar IEEE 802.11. Istilah WiFi diciptakan oleh sebuah organisasi bernama WiFi alliance yang bekerja menguji dan memberikan sertifikasi untuk perangkat-perangkat WLAN. Perangkat wireless diuji berdasarkan interoperabilitasnya dengan perangkat-perangkat wireless lain yang menggunakan standar yang sama. Setelah diuji dan lulus, sebuah perangkat akan diberi sertifikasi WiFi certified. Artinya perangkat ini bisa bekerja dengan baik dengan perangkat-perangkat wireless lain yang juga bersertifikasi ini. Semua produk yang telah di test dan disetujui dengan label WiFi Certified (registered trademark) oleh WiFi Alliance berarti memiliki interoperabilitas satu sama lain sekalipun berbeda jenis, merk dan vendor. Secara umum setiap produk WiFi bekerja pada frekuensi yang sama 2,4 Ghz dan 5.x Ghz dan dapat saling bekerja satau sama lain meskipun tidak tersertifikasi oleh WiFi Alliance. Istilah WiFi umumnya digunakan untuk teknologi berbasis standar IEEE 802.11, sebagaimana istilah Ethernet digunakan untuk standar IEEE 802.3.

Pada awalnya, sertifikasi WiFi hanya diberikan pada perangkat wireless yang bekerja pada standar IEEE 802.11b. Namun, saat ini standar ini juga diberikan pada semua perangkat yang menggunakan standar IEEE 802.11. Sertifikasi WiFi sudah dianggap sebagai sertifikasi standar untuk perangkat wireless yang ada saat ini. WiFi telah banyak digunakan di berbagai sektor seperti bisnis, akademis, perumahan, dan banyak lagi. Singkatan Wireless Fidelity, istilah untuk teknologi Wireless berbasis standar IEEE 802.11. IEEE 802.11 adalah spesifikasi standar yang dibangun oleh IEEE untuk mendefinisikan teknologi wireless LAN dan disetujui pada 1997. Beberapa spesifikasi :

1.802.11, standar transmisi 1 - 2 Mbps pada band 2.4 GHz menggunakan FHSS atau DSSS
2.802.11a, standar transmisi 54 Mbps pada band 5GHz menggunakan OFDM
3.802.11b, standar transmisi 11, fallback 5.5, 2, 1 Mbps pada band 2.4 GHz
menggunakan DSSS
4. 802.11g, standar transmisi 20+ Mbps pada band 2.4 GHz menggunakan DSSS





Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (0)

Posting Komentar