Belajar Cisco Router Dengan Packet Tracer 4.01

0

Posted on : 19.30 | By : straw hat pirates


mypagerank.net Add to Wink Add to Simpy Add to Spurl Add to FurlAdd to Reddit Add to TechnoratiAdd to Digg Add to YahooMyWebAdd to del.icio.us
Di dalam dunia teknlogi komunikasi khususnya jaringan komputer, para vendor perangkat jaringan berlomba-lomba untuk menyediakan perangkat yang mampu melayani kebutuhan akan jaringan baik dalam tingkat performance dan keamanan (security) hal ini telah menjadi kebutuhan baik bagi penyedia maupun pemakai jaringan. Untuk itu didalam proses perancangan infrastruktur jaringan sangat diperlukan desain jaringan yang mampu meningkatkan kecepatan transfer data baik dari segi perangkat yang digunakan dan cara-cara yang jitu bagaimana hal yang diinginkan dapat tercapai.Di dalam teknologi jaringan seorang Network Enginer sangat berperan dalam proses pengembangan dan implementasi jaringan, dan perangkat jaringan (Hardware) pun tidak kalah pentingnya, karena perangkat jaringan yang berperan aktif dalam menjalankan proses komunikasi data. Bagi seorang teknisi jaringan ataupun operator jaringan tentu router bukanlah barang yang aneh, “dan jangan sekali-kali anda katakan bahwa anda belum pernah mendengar kata Router. He he… ya terkecuali untuk para pemula. Tetapi ada beberapa hal yang harus digaris bawahi. tidak semua jaringan komputer menggunakan perangkat router dengan alasan “mungkin belum diperlukan”. Dan alasan lainnya harga router lumayan mahal biasanya solusi alternative dengan menggunakan PC router atau dengan software-software router yang dapat dipakai dengan gratis. Tidak ada masalah. Alasan lainnya mengapa menggunakan perangkat router, karena memang perangkat router sudah dibutuhkan di jaringan tersebut. Dan alasan lainnya memang dibutuhkan router untuk membuat sesuatu dalam jaringan yang memang sangat diinginkan. Didalam buku ini akan dibahas bagaimana cara belajar cepat menggunakan Router, Khususnya Cisco Router.

Tidak dapat dipungkiri lagi ketangguhan Router yang dikeluarkan oleh vendor cisco telah menjadi andalan bagi pemakai jaringan baik jaringan yang bersekala besar maupun kecil. Sehingga sangat dibutuhkan seseorang yang dapat mengoperasikan perangkat tersebut, untuk dapat menggunakan perangkat tersebut biasanya seorang teknisi jaringan harus belajar dengan mengkonfigurasi langsung perangkat tersebut, sangat beruntung bagi yang kebetulan seorang teknisi jaringan dan di perusahaanya memiliki router bermerek cisco. Atau harus mengikuti kursus CCNA level 1 sampai dengan level 4, untuk yang satu ini tidak membutuhkan biaya yang sedikit belum lagi biaya yang harus dikeluarkan untuk mengambil sertifikasi CCNA. Bagi yang tidak memiliki kesempatan jangan putus asa, masih banyak cara-cara lainnya yang dapat ditempuh untuk mempelajari bagaiman mengkonfigurasi router cisco solusinya yaitu anda harus rajin mencari informasi atau tutorial tentang router cisco di internet dan tutorial cara penggunaannya.

Kemudian untuk mempraktikan dapat menggunakan program-program simulator yang dikeluarkan oleh vendor seperti boson simulator, paket tracer dan masih yang lainnya. Anda dapat mendownload program simulator tersebut di internet. pada tutorial ini anda akan dituntun bagaimana memahami cara kerja router dan dapat langsung mencoba bagaimana mengkonfigurasi router cisco, bagaimana memahami konsep routing, melakukan routing dengan RIP (Routing Internet Protocol), IGRP (Interior Gateway Routing Protocol), EIGRP dan OSPF (Open Short Path First), membuat VLAN dan masih banyak yang lainnya. dan di dalam buku ini disertakan contoh-contoh desain jaringan. buku ini tidak saja ditujukan untuk pengguna yang awam dengan router cisco tetapi juga dapat dipergunakan untuk rekan-rekan yang sedang mempersiapkan untuk mengambil sertifikasi CCNA khususnya kemampuan keterampilan dalam menggunakan router. Semoga dapat bermanfaat.


Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (0)

Posting Komentar